TUGAS TIK_AKIELA DJODI

Nama    : Akiela Djodi Chaviazagita

No          : 04

Kelas     : X MIPA 2


Assalamualaikum semuanya, disini saya ingin menyampaikan review mengenai pembelajaran TIK.
Pertama tama saya ingin memperkenal kan guru saya dalam mata pelajaran TIK, yaitu :


                                                                                            HJ. Deswati, S.Kom, M. Pd.



- Dan ini adalah dokumentasi saat saya dan teman teman mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran TIK😀








- okee sekarang kita lanjut dengan review materi TIK ya👍 -


BAB 1 

TIK dan Integrasi Dengan Aplikasi Office



Integrasi Antar Aplikasi Office

1.     Objek Aplikasi Office

Object Linking and Embedding (disingkat menjadi OLE) yang diunggulkan microsoft office adalah sebuah teknologi berorientasi objek yang berbasiskan teknologi Component Object Model (COM) yang menyediakan layanan kepada aplikasi untuk menciptakan dokumen-dokumen terdiri dari banyak objek yang terdapat pada microsoft word, microsoft excel, microsoft powerpoint dan dokumen lainnya pada microsoft office. Objek tersebut di antaranya adalah:

1.1.   Table,

1.2.   Picture,

1.3.   SmartArt,

1.4.   Chart,

1.5.   Sound,

1.6.   Hiperlink,

1.7.   Bookmark,

1.8.   Cross-referrence


Dengan demikian setiap objek tersebut penggunaannya dapat diintegrasikan untuk membuat dokumen sesuai dengan kebutuhan.


2.   Manfaat

OLE memungkinkan aplikasi pengeditan untuk mengekspor sebagian dokumen ke aplikasi pengeditan lain dan kemudian mengimpornya dengan konten tambahan. Misalnya, sistem penerbitan desktop mungkin mengirim beberapa teks ke pengolah kata atau gambar ke editor bitmap menggunakan OLE. Manfaat utama OLE adalah menambahkan berbagai jenis data ke dokumen dari berbagai aplikasi, seperti editor teks dan editor gambar. Ini membuat dokumen Format File Biner Compound dan file master yang menjadi referensi dokumen. Perubahan pada data dalam file master segera mempengaruhi dokumen yang mereferensikannya. Ini disebut Linking atau "menautkan" (bukan "menyematkan").


3.   Teknik Penggunaan

Teknik penggunaan intergrasi antar aplikasi ini dapat diimplementasikan oleh objek (objek OLE, wadah OLE, dan objek lainnya) yang ingin mendukung perintah standar tertentu. Perintah yang mungkin ingin diterapkan oleh objek dapat mencakup hal-hal seperti "delete", "cut", "copy", "paste", "undo", "find", "print", "save", "zoom", dan begitu seterusnya. Saat ini 58 perintah standar telah ditetapkan, dan termasuk perintah yang biasa digunakan oleh perangkat lunak perkantoran, browser web, dan aplikasi serupa.


Contoh:

 - Pada dokumen Microsoft Word kita bisa menambahkan Objek dengan menggunakan OLE:


- Pilih Insert à Object ... untuk menyisipkan Embedded object




- Tahapan selanjutnya setelah insert object maka pilih file namenya klik browse jika akan mengambil dari dokumen atau folder yang lain


- Pada langkah selanjutnya jika sudah menemukan tempat file yang akan kita gunakan maka pilih file pada gambar dibawah ini kita pilih file Access Point kemudian klik insert.


- Maka akan tampak nama file dan folder yang kita pilih pada file name, jika sudah terisi nama file sesuai dengan yang kita pilih maka klik ok.



- Nah berikut object yang kita pilih pada penggunaan OLE


- Double Click to activate content OLE Package





Oke, cukup sampai disini dulu untuk reviewnya. Semoga materi yang saya sampaikan bisa membantu semuanyaa. Terima kasih👍






                                                                                        LATIHAN SOAL



1. Sebutkan jenis jenis chart pada Microsoft Office Word !
   - Diagram kolom
   - Grafik garis
   - Diagram lingkaran
   - Diagram batang
   - Grafik area
   - Grafik sebaran 
   - Grafik stok
   - Radar grafik


2. Jelaskan langkah langkah pembuatan : 
Table : 
Membuat tabel dari bilah alat tables dan borders :
- Letakkan kursor di tempat anda ingin meletakkan tabel.
- Klik ikon insert table pada bilah alat tables dan borders di bagian atas jendela.
- Seret sudut table hingga anda mendapatkan jumlah kolom dan baris yang diinginkan.
- Klik mouse untuk memasukkan tabel
Membuat dari kotak dialog Insert Table :
- Klik tabel dari bilah menu. Pilih Insert, lalu Table.
- Kotak dialog akan terbuka.
- Masukkan jumlah baris kolom yang diinginkan.
- Pilih Autovit Behavior, otomatis jika anda ingin sel tabel diperluas secara otomatis agar pas dengan teks didalamnya.
- Klik OK untuk menyisipkan tabel anda.
Membuat tabel dengan menggambar tabel :
- Pilih tabel dari bilah menu.
- Pilih draw tabel.
- Seret pensil secara diagonal melintasi halaman.
- Gambar garis secara vertikal dan horizontal untuk membuat kolom dan garis yang dibutuhkan.

Picture :
- Buka lembar kerja microsoft word anda.
- Selanjutnya klik Insert pada menu bar Microsoft Word.
Pada kolom atau group illustrations terdapat pilihan picture, clip art, shapes, smart art dan chart. Pilih picture untuk memasukkan gambar.
- Selanjutnya anda akan dibawa pada dokumen atau folder dimana tempat anda menyimpan gambar yang akan di masukkan
- Cari folder dimana gambar anda berada, kemudian klik pada gambar untuk menyeleksi.
- Selanjutnya klik insert pada menu bagian bawah.
- Gambar sudah selesai dimasukkan.

SmartArt :
klik tab insert.
- pada group illustration klik icon smart art.
- tampil kotak dialog SamartArt Graphic.
- pilih salah satu bentuk yg diinginkan.
- klik tombol ok.

Hyperlink :
Pilih sel atau objek yang ingin Anda jadikan hyperlink.
- Klik tab Sisipkan, lalu klik Hyperlink.
- Klik tab Halaman Web atau File, lalu masukkan alamat dalam kotak Alamat. Anda juga bisa mengklik Pilih dan telusuri ke alamat yang diinginkan.
- Klik OK.

Bookmark :
- Pilih atau seleksi kata yang ingin di bookmark, anda bisa memblok satu atau lebih kata yang anda  inginkan.
- Klik menu insert --> pada kolom atau group links --> pilih bookmark, maka jendela bookmark akan terbuka.
- Beri nama "bookmark name" dengan kata kunci yang mudah anda ingat. Pemberian nama pada  bookmark name tidak boleh mengandung unsur spasi.


3. Tuliskan dan jelaskan maksud dari current record pada marge records !
   current record berfungsi untuk mencetak atau print lembar dokumen secara bersamaan pada halaman yang aktif  dengan menggunakan email marge.


4. Sebutkan jenis-jenis SmartArt pada Hierarchy pada Microsoft Office Word 2019 !

- Organization Chart
- Name and Title Organization Chart
- Half Circle Organization Chart
- Circle Picture Hierarchy
- Hierarchy
- Labeled Hierarchy
- Table Hierarchy
- Horizontal Organization Chart
- Horizontal Multi-Level Hierarchy
- Horizontal Hierarchy
- Horizontal Labeled Hierarchy
- Hierarchy List
- Lined List


5. Sebutkan langkah memberi keterangan pada sumbu horizontal !

- Klik Grafik yang ingin diberi keterangan horizontal.
- Klik Tab Menu Layout.
- Klik Axis Tittles yang berada di Grup/Submenu Labels.
- Klik Primary Horizontal Axis Tittles.


Komentar

Postingan Populer